ADIPtook |
PERUSAHAAN RETAIL |
sTRUKTUR ORGANISASI BESERTA TUGASNYA
MANAGER
·
Manager mempunyai peranan penting
dalam suatu organisasi, manager memiliki
wewenang dan tanggung jawab untuk pembagian tugas kepeda seluruh karyawan yang
telah dipilih berdasarkan kemampuan teknis dan manajemen.
·
Manager perlu mengarahkan,
mengkoordinasikan, dan mengawasi kegiatan-kegiatan karyawan untuk pencapaian
tujuan organisasi.
·
Memeriksa laporan keuangan dan
rekapan penjualan diserahkan untuk disetujui.
·
Manager juga berhak menentukan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, untuk membantu perusahaan menekan pemborosan biaya tenaga kerja.
SUPERVISOR
·
Sebagai rekan kerja manager,
supervisor juga turut menkoordinir karyawan di floor dan memimpin briefing
sebelum operasional.
·
Supervisor yang juga merangkap
sebagai HRD, memiliki tugas mewawancara dan memberikan test kepada calon
karyawan. Dan atas persetujuan manager, supervisor berhak menerima atau menolak
pelamar tersebut.
·
Supervisor turut terjun di floor
untuk memantau kinerja karyawan , dan memberikan tugas kepada pramuniaga.
·
Membuat laporan pemesanan kilat
untuk produk-produk best seller atau kosong, agar secepatnya dikirim.
·
memberikan training kepada calon
karyawan atau karyawan agar dapat menilai kinerja karyawan selama ini.
OPERATOR
·
Mengirim rekap absen ke kantor pusat.
·
Mengirim data master stock akhir
penjualan kemarin.
·
Menerima ekspedisi produk, dan
dicek antara nota kirim dan fisik harus sesuai.
·
Menginput produk yang baru datang
kedalam format yang sudah ada di komputer.
·
Melakukan returan, bila ada
barang yang perlu diretur.
·
Mengecek produk-produk yang perlu
dipesan untuk dibuatkan rekomendasi order.
ADMINISTRASI
·
Menghitung kembali jumlah uang
yang diserahkan bagian kasir.
·
Membuat laporan penjualan suplayer
dan counter, dan disesuaikan di penjualan harian pada komputer. Lalu di input
kedalam format yang telah ada di komputer.
·
Total penjualan cash dan card harus sesuai dengan
rekap omset, dan diperiksa oleh supervisor, dan disetujui oleh manager.
·
Menginput laporan penjualan
kedalam format yang telah ada di komputer.
·
Membuat laporan pengeluaran uang
kas.
·
Membuat laporan rekonsiliasi
untuk dikirim ke kantor pusat.
KASIR
·
Akhir dari pelayanan customer
adalah dikasir, kasir wajib memberikan salam sebelum dan sesudah melakukan
transaksi.
·
Membuat laporan keuangan untuk
diserahkan kepada bagian administrasi untuk diperikasa kembali.
PRAMUNIAGA
·
sebelum operasional dibuka,
karyawan melakukan briefing pagi untuk memperkenalkan produk baru, dan tiap
karyawan sudah di jadwalkan untuk mengisi briefing tersebut dengan product
knowledge atau problem solving.
·
Memantau kondisi floor.
·
Memberikan pelayanan terbaik
kepada customer.
·
Mendata produk, biasanya berupa
laporan harian atau mingguan.
·
Merubah atau merapikan posisi
display produk, tergantung session dan produk best seller, agar customer
mudah mendapatkannya, dan menarik minat
pembeli.
KESIMPULAN:
Di dalam organisasi “PERUSAHAAN RETAIL” ,setiap departemen yang di jalankan memiliki tugas yang berbeda ,menurut jabatan
masing masing.Sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.Tetapi
memiliki fungsi yang sama yaitu saling memajukan perusahaan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar