|
|
PENDAHULUAN
1. Pengertian dan
Latar Belakang
Mata Pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Berdasarkan KTSP mencakup bahan kajian
tentang Hardware dan Software. Pada Mata Pelajaran ini, konsep dan sub konsep
dipelajarimelalui Teori dan Praktek dengan fokus pada pengembanganketerampilan
proses. Idealnya setiap topik dari pelajaran TIK sebaiknya diajarkan
melalui peragaan kepada siswa, baik dalam bentuk Praktek atau demonstrasi.Untuk
mendukung fungsi dan tujuan pembelajaran TIK di SMP,diperlukan sarana dan
petugas yang siap membantu kelancaranpelaksanaan praktikum atau demonstrasi
yang diperlukan oleh guru TIK.
2. Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan
nasional dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta anak didik dankesesuaianya
dengan kebutuhan nasional, perkembangan IPTEK sertaKesenian yang sesuai dengan
jenis dan jenjang satuan pendidikanyaitu SMP sebagai jenjang Pendidikan Dasar
seperti di SMP BUNDA khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi
danKomunikasi.
3. Sasaran
Sasaran kegiatan Laboratorium
Komputer yang ingin dicapaiadalah Program Pengajaran dan Pembelajaran yang
mendukungpencapaian Tujuan Satuan Pendidikan SMP pada mata pelajaran
TIK yang bermuara pada perwujudan atau pencapaian tujuan
PendidikanNasional yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa danmengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya melalui jenjangpendidikan SMP“, khususnya di SMP BUNDA.
4.Ruang lingkup
Ruang lingkup pendidikan di
lab komputer Meliputi penguasaan
hardwear dan softwear komputer serta aplikasi sebagai alat proses belajar.
5.STRUKTUR ORGANISASI
|
||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||
|
Keterangan Garis
: Garis Komando
:
Garis Koordinasi
6.TATA TERTIB LAB KOMPUTER
SEKOLAH BUNDA
1. sebelum kegiatan di mulai siswa
harus sudah berada di Lab. Komputer
2. Masuk Lab. Komputer harus seijn guru
pembimbing
3. Tidak diperkenankan makan dan minum
diruang Lab. Komputer
4. Letakkan tas, alat tulis dan
benda-benda lain yang tidak digunakan pada saat kegiatan di tempat yang disediakan
5. Tidak dibenarkan lari-lari di
ruangan
6. Bekerjalah secara Individual dan
kelompok yang telah ditentukan. Tidak dibenarkan mengganggu indinvidu atau
kelompok lain.
7. Lakukanlah kegiatan sesuai petunjuk
yang telah ditetapkan.
8. Mintalah petunjuk kepada pembimbing
apabila ada kesukaran.
9. Matikanlah Komputer sebelum
meninggalkan ruangan sesuai prosedur yang benar.
10. Bersihkan dan rapikan tempat yang
telah digunakan.
7.Inventori Laboratorium Komputer SMP
BUNDA
No
|
Nama Barang
|
Jumlah barang
|
Keterangan
|
1
|
Komputer
|
||
monitor
|
18
|
-
|
|
CPU
|
18
|
-
|
|
Mouse
|
18
|
-
|
|
Keyboard
|
18
|
-
|
|
speaker
|
1
|
-
|
|
2
|
Meja
|
10
|
-
|
3
|
Kursi
|
18
|
-
|
4
|
Proyektor
|
1
|
-
|
5
|
Almari
|
1
|
-
|
7
|
Neon
|
2
|
-
|
8
|
AC
|
2
|
-
|
9
|
Papan tulis
|
1
|
-
|
10
|
Spidol
|
1
|
-
|
11
|
Printer
|
1
|
-
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
9.JADWAL PENGGUNAAN LAB KOMPUTER
SMP BUNDA
No
|
Hari
|
Jam ke
|
kelas
|
Guru
|
1
|
Senin
|
ADIP
|
||
2
|
Selasa
|
ADIP
|
||
3
|
Rabu
|
ADIP
|
||
4
|
Kamis
|
ADIP
|
||
5
|
Jum’at
|
ADIP
|
||
6
|
Sabtu
|
Libur
|
-
|
-
|
7
|
Minggu
|
Libur
|
-
|
-
|
10.Penutup
Program hanyalah sebuah perangkat dalam upaya mencapa isuatu tujuan.
Program bukan segala–galanya, sebab masih ada faktorlain yang turut menentukan
yakni Sumber Daya Manusia.Ini Berarti, suatu program baru dapat dilaksanakan
denganmemahami dan mampu menterjemahkannya dalam karya nyata seperti apa yang
digariskan dalam program tersebut. Di sini ada yang saling keterkaitan yakni
program yang baik dan Sumber Dayamanusia yang handal.Program yang baik, tentu
saja program yang didasarkan atas kenyataan dan perhitungan secara matang serta
dilaksanakandengan sebagai mana mestinya. Kita tak ingin gagal hanya karena kecerobohan
dalam melaksanakan program. Kuncinya sederhana saja yakni kesungguhan dan
kebersamaan.
Semoga
atas di buatnya bigram ini akan memperlancar proses belajar mengajar.sebagai
wujud partisipasi terhadap pendidikan yang kita harapkan.
Gunung
puteri,.................
Mengetahui
Kepala SMP BUNDA Guru
TIK
M.Saltiar
Kiswanto,S.Pdi ADIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar