Senin, 28 Mei 2012

PERILAKU DALAM ORGANISASI


ADIPtook

PERUSAHAAN RETAIL

                                      

sTRUKTUR ORGANISASI BESERTA TUGASNYA
MANAGER
·         Manager mempunyai peranan penting dalam  suatu organisasi, manager memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk pembagian tugas kepeda seluruh karyawan yang telah dipilih berdasarkan kemampuan teknis dan manajemen.
·         Manager perlu mengarahkan, mengkoordinasikan, dan mengawasi kegiatan-kegiatan karyawan untuk pencapaian tujuan organisasi.
·         Memeriksa laporan keuangan dan rekapan penjualan diserahkan untuk disetujui.
·         Manager juga berhak menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, untuk membantu perusahaan  menekan pemborosan biaya tenaga kerja.

SUPERVISOR
·         Sebagai rekan kerja manager, supervisor juga turut menkoordinir karyawan di floor dan memimpin briefing sebelum operasional.
·         Supervisor yang juga merangkap sebagai HRD, memiliki tugas mewawancara dan memberikan test kepada calon karyawan. Dan atas persetujuan manager, supervisor berhak menerima atau menolak pelamar tersebut.
·         Supervisor turut terjun di floor untuk memantau kinerja karyawan , dan memberikan  tugas kepada pramuniaga.
·         Membuat laporan pemesanan kilat untuk produk-produk best seller atau kosong, agar secepatnya dikirim.
·         memberikan training kepada calon karyawan atau karyawan agar dapat menilai kinerja karyawan selama ini.

OPERATOR
·         Mengirim rekap absen ke kantor pusat.
·         Mengirim data master stock akhir penjualan kemarin.
·         Menerima ekspedisi produk, dan dicek antara nota kirim dan fisik harus sesuai.
·         Menginput produk yang baru datang kedalam format yang sudah ada di komputer.
·         Melakukan returan, bila ada barang yang perlu diretur.
·         Mengecek produk-produk yang perlu dipesan untuk dibuatkan rekomendasi order.

ADMINISTRASI
·         Menghitung kembali jumlah uang yang diserahkan bagian kasir.
·         Membuat laporan penjualan suplayer dan counter, dan disesuaikan di penjualan harian pada komputer. Lalu di input kedalam format yang telah ada di komputer.
·         Total  penjualan cash dan card harus sesuai dengan rekap omset, dan diperiksa oleh supervisor, dan disetujui oleh manager.
·         Menginput laporan penjualan kedalam format yang telah ada di komputer.
·         Membuat laporan pengeluaran uang kas.
·         Membuat laporan rekonsiliasi untuk dikirim ke kantor pusat.

KASIR
·         Akhir dari pelayanan customer adalah dikasir, kasir wajib memberikan salam sebelum dan sesudah melakukan transaksi.
·         Membuat laporan keuangan untuk diserahkan kepada bagian administrasi untuk diperikasa kembali.

PRAMUNIAGA
·         sebelum operasional dibuka, karyawan melakukan briefing pagi untuk memperkenalkan produk baru, dan tiap karyawan sudah di jadwalkan untuk mengisi briefing tersebut dengan product knowledge atau problem solving.
·         Memantau kondisi floor.
·         Memberikan pelayanan terbaik kepada customer.
·         Mendata produk, biasanya berupa laporan harian atau  mingguan.
·         Merubah atau merapikan posisi display produk, tergantung session dan produk best seller, agar customer mudah  mendapatkannya, dan menarik minat pembeli.












KESIMPULAN:
Di dalam organisasi “PERUSAHAAN RETAIL”  ,setiap departemen yang di jalankan  memiliki tugas yang berbeda ,menurut jabatan masing masing.Sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.Tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu saling memajukan perusahaan tersebut

Tidak ada komentar: