.....DARI BACA JADI BISA

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 28 Juli 2012

KKM TIK SMP







PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )





Penetapan KKM
 



Analisis Pencapai
KKm
 
 








RAMBU-RAMBU
  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
  • KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
  • KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
  • Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator  Pencapaian Kompetensi     idealnya berkisar 75%
  • Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
  • Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi  dan kemampuan sumber daya pendukung.
  • KKM dapat di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.
                                                                                                                                                                                          
CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG MENGGUNAKAN KKM



 













KRITERIA PENERAPAN KKM
  • Kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
  • Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
  • Intake siswa (masukan kemapuan siswa)

 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : VII / 1
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang

Ø  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.

1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi

Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2

1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.3

1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.4

1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan

Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.5

KKM STANDAR KOMPETENSI 1

2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur

Ø  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer

Ø  Melakukan proses ”cold boot

Ø  Melakukan proses ”warm boot





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.1.

2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur

Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur

Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2.

2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Ø  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)

Ø  Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3

KKM STANDAR KOMPETENSI 2

KKM SEMESTER 1 (SATU)

 

Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................








 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : VII / 2
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
3. Mempraktekkan keterampilan dasar komputer
3. 1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer

Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input

Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses

Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.

Ø  Mengidentifikasi media penyimpan data.





KKM  KOMPETENSI DASAR 31

3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi

Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka

Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis

Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media





KKM  KOMPETENSI DASAR 3.2

3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi
Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka

Ø  Menyebutkan  berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  pengolah grafis

Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  presentasi/ multimedia





KKM  KOMPETENSI DASAR 3.3

3.4. Mempraktikan satu program aplikasi
Ø  Mengidentifkasi menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop

Ø  Mempraktikkan  satu program aplikasi





KKM  KOMPETENSI DASAR 3.4

KKM STANDAR KOMPETENSI 3

KKM SEMESTER 2 (DUA)

 

Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).


Catatan  :







Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................






KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : VIII / 1
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu

Ø  Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing







KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.

1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar formatting

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar drawing






KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2

1.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah kata
Ø  Menggunakan menu dan ikon pada menu bar

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing






KKM  KOMPETENSI DASAR 1.3

1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
Ø  Membuat dokumen baru

Ø  Melakukan format teks

Ø  Mengedit teks

Ø  Mengatur format paragraf

Ø  Menyisipkan objek

Ø  Mengatur format Halaman

Ø  Mencetak dokumen/berkas





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.4

KKM STANDAR KOMPETENSI 1

KKM SEMESTER 1 (SATU)

Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :
 Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................







KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : VIII / 2
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

2. 1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar formatting

Ø  Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing






KKM  KOMPETENSI DASAR 2.1

2.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah  angka

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar formatting

Ø  Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar drawing






KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2

2.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah  angka
Ø  Menggunakan menu dan ikon pada menu bar

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting

Ø  Menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing






KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3

2.4. Membuat dokumen pengolah  angka  sederhana
Ø  Membuat dokumen baru

Ø  Mengatur  lebar kolom dan tinggi baris

Ø  Meletakkan data

Ø  Mengatur tampilan Border

Ø  Mengedit kolom dan baris

Ø  Menyisipkan objek

Ø  Mengatur format bilangan

Ø  Menggunakan rumus dan fungsi

Ø  Mengatur Halaman

Ø  Mencetak dokumen





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.4

KKM STANDAR KOMPETENSI 2

KKM SEMESTER 2 (DUA)

 

Catatan :


*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).
Catatan  :





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................







 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : IX / 1
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
1.Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
1.1.  Menjelaskan 
       pengertian
       Internet/   
       Intranet

Ø  Menjelaskan pengertian:
      -intranet
      -internet






KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.

1.2.Mendeskripsi-
      kan dasar-
      dasar sistem
       jaringan di
       Internet/    
       Intranet




Ø  Menjelaskan  dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet

Ø  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2

1.3.Mengenal
       ukuran
       kecepatan
       akses Internet





Ø  Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet

Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.3

1.4. Mengidentifi-kasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/Intranet
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

Ø  Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.4

1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
Ø  Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet

Ø  Melakukan sambungan  Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).





KKM  KOMPETENSI DASAR 1.5

KKM STANDAR KOMPETENSI 1

KKM SEMESTER 1 (SATU)

 

Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................







KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .............................
Mata Pelajaran      : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester   : IX / 2
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
2. 1. Mendemontrasi-kan akses internet  sesuai dengan prosedur

Ø  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø  Mengidentifikasi nama domain internet

Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.1.

2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Ø  Mengidentifikasi layanan yang ada di internet


Ø  Mengidentifikasi manfaat layanan internet






KKM  KOMPETENSI DASAR 2.2

2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
Ø  Men-download informasi

Ø  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi





KKM  KOMPETENSI DASAR 2.3

KKM STANDAR KOMPETENSI 2

KKM SEMESTER 2 (DUA)

 

Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................







0 komentar: