Selasa, 07 April 2015

Jambore Ranting 2014


           Jambore ranting adalah kegiatan pramuka yang sudah dilaksanakan bertahun-tahun, terutama di kecamatan kejajar ini. Jambore ranting dikenal dalam masyarakat dengan sebutan JAMRAN yang sebanarnya kata tersebut merupakan singkatan dari jambore ranting ,yaitu kata JAM mengambil dari Jambore dan kata RAN mengambil dari kata Ranting.

            kegiatan pramuka memang sangat maju di setiap pendidikan terutama dari Sekolah dasar sampai dengan tingkat Sekoalah menengah atas atau SMK,MAN,dan sebagainya. tentu kita tahu bahwa pramuka merupakan organisasi tingkat dunia yang di cetuskan oleh Bapak Pramuka Kita yaitu LORD BODEN POWEL.

            Pada tanggal 12 sampai 14 agustus 2014 telah dilaksanakan Jamran yang kebetulan di tempatkan di lapangan desa tambi untuk pendirian tendanya dan alam sekitar untuk penjelajahannya.tempat tersebut memang sangat strategis dan memuaskan di karenakan persediaan air yang cukup, alam yang indah,jauh dari polusi serta masih banyak hal lain yang sangat mendukung dengan tempat tersebut.

            Acara ini diikuti oleh semua sekolah di kecamatan kejajar,yakni SMA NU,SMK NU,SMP N 1 Kejajar  ,SMP N 2 Kejajar,SMP MUH Tieng,MTS Ma'arif Tieng, MTS Ma'arif Kejajar dan semua sekolah dari tingkat SD dan MI sekecamatan Kejajar.        
Add caption
          SDN 1 Buntu merupakan pesrta dari salah satu SD MI yang berada di kecamatan kejajar. Yang terdiri dari 1 Regu Putra dan 1 Regu Putri. dari masing-masing Regu terdiri dari 12 personil.yang merupakan 1 ketua regu dan 9 anggota dalam kegiatan. 2 orang di antaranya bertugas untuk piket di regu masing - masing. seperti halnya menjaga keamanan tenda, kebersihan dan penyedia logistik untuk teman - teman regunya.
            Kegiaatan ini sangat mengasikkan dan sangat terkenang karena kegiatan dia awalai dari upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan pada setiap harinya , dari kegiatan tersebut memiliki khas kegiatan yang berbeda-beda dan semuanya di berikan untuk mendidik kecerdasan peserta serta melatih keberanian .baik itu individu maupun kelompok. dengan harapan setelah jambore ranting peserta akan lebih tanggunh dalam menghadapi masalah dalam kelompok serta individu. berikut kami memajang beberapa foto yang merupakan hasil dari kegiatan tersebu. dan apabila direkam itu akan menghabiskan berapa memori sehingga kami hanya mengambil sample dari kegiatan luar yang dilakukan pada hari terahir pagi. pada hari yang terahir dilakukan upacara penutupan sekaligus upacara peringatan hari pramuka.

Tidak ada komentar: